Utak - atik Sepeda Motor

Tips cara utak-atik motor sendiri

  • Home
  • About
  • Contact Us
  • Sitemap
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
Home » Tips Motor » Utak-atik Motor » Penyebab dan cara mengatasi CVT Mio Berdecit

Tuesday, March 17, 2015

Penyebab dan cara mengatasi CVT Mio Berdecit

Sobat atik-utak motor, bagi anda pengguna sepeda motor matic khususnya yamaha mio mungkin pernah mengalami saat sedang asyik-asyiknya berkendara tiba-tiba terdengar bunyi berdecit, gejala timbul saat gas (throtle) dibuka spontan atau saat anda sedang akselerasi atau mulai melewati medan tanjakan. berikut akan saya bagikan artikel mengenai masalah ini.

Beberapa Penyebab CVT Mio berdecit

  1. Terkena cairan. Adanya sejenis oli atau cairan yang lama menguap dan bikin licin mengganggung mekanisme kerja puli depan atau belakang. jadi, gesekan belt dan puli depan-belakang tidak sempurna. Trus, pemakaian gemuk yang berlebihan atau salah, juga bisa bikin selip. Muncul selip karena gemuk yang berlebihan dan enggak sesuai spesifikasi, muncrat ke komponen yang bergesekan dengan sabuk.
  2. Perawatan filter. Lho, apa hubungannya filter dengan decitan CVT? Umumnya pemilik skutik, tidak merawat filter akibatnya ada tumpukan debu atau kotoran sampai komponen penyaring itu kotor. Filter yang kotor membuat sedikit ruang untuk udara masuk ke bagian dalam CVT. Di sini yang bikin temperatur tinggi di atas toleransi. Efeknya, overheat bagian dalam CVT dan dampak jangka panjangnya bikin selip. Nah, dengan panas yang melebihi batas membuat gemuk di beberapa komponen mencair lebih cepat. alhasil gemuk yang menempel di piring drive-driven space, jika kena gesekan sabuk atau belt bakal menimbulkan gejala selip. Sobat atik-utak motor saya sarankan agar setiap servis berkala jangan lupa membersihkan filter.
  3. Kelalaian mekanik. Hal lain yang bikin selip karena kelalaian mekanik yang tidak peduli terhadap kebersihan tangan. Cuek saja saat tangan yang penuh bekas oli atau cairan apapun. Saat bongkar pasang komponen CVT, tanpa sadar bekas oli tangan mekanik nempel di komponen CVT.
  4. Cairan lain. tidak semua belt cleaner buat mobil cocok dipakai pada motor. Coba lihat sabuk di mobil dan motor. kalau di mobil rata-rata terbuka, sedang CVT di skutik tertutup. Sehingga cairan di mobil lebih cepat mengering.

Tips tambahan:
Kalau sobat tidak sabar menunggu belt cleaner khusus untuk CVT skutik, ada cara paling sederhana dan murah. Pakai saja alkohol di atas 70% untuk mengelap atau membersihkan CVT. Gunakan setelah CVT habis dibongkar dan dipasang kembali, dengan cara ini kotoran, sisa minyak atau gemuk akan lebih cepat hilang dan CVT cepat kering. selamat mencoba
f
Share
t
Tweet
g+
Share
?
tri haryadi
7:49 PM

Belum ada komentar untuk "Penyebab dan cara mengatasi CVT Mio Berdecit"

Post a Comment

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Entri Populer

  • Cara Menyetel Kopling Sepeda Motor Bebek
  • Cara mengatasi rem cakram motor macet
  • Cara Memasang Piston Motor Yang Benar
  • Cara Menghilangkan Cat Blok Mesin Motor
  • Cara mengatasi rem cakram masuk angin
  • Mencari Posisi Top Kompresi Motor

Tautan Blog Saya

Materi Otomotif SMK
Budidaya jamur
Seputar Mesin Diesel

Blog Archive

  • ►  2016 (1)
    • ►  February (1)
  • ▼  2015 (45)
    • ►  December (2)
    • ►  November (1)
    • ►  October (1)
    • ►  September (5)
    • ►  August (4)
    • ►  July (2)
    • ►  May (2)
    • ►  April (2)
    • ▼  March (9)
      • Penyebab Mesin Motor Berisik dan Solusinya
      • Penyebab Tangki Motor Bocor dan cara mencegah
      • Penyebab dan cara mengatasi CVT Mio Berdecit
      • Cara Mengatasi Grip Gas Motor Seret
      • Cara mengatasi rem cakram masuk angin
      • Mengatasi kebocoran minyak rem pada kaliper cakram...
      • Cara mengatasi rem cakram motor macet
      • Cara sederhana memeriksa tekanan kompresi motor
      • Cara Memeriksa Sistem Pengapian Sepeda Motor
    • ►  January (17)

Labels

  • Deteksi kerusakan mesin (9)
  • Gangguan Motor (9)
  • Kelistrikan Motor (1)
  • Korek harian (2)
  • Mengatasi Motor Mogok (3)
  • Mengenal Mesin Motor (4)
  • mengetahui ban motor (1)
  • Menyetel katub (2)
  • Tips Motor (36)
  • Utak-atik Motor (15)
Copyright 2013 Utak - atik Sepeda Motor - All Rights Reserved
Design by Mas Sugeng - Published by Evo Templates