Utak - atik Sepeda Motor

Tips cara utak-atik motor sendiri

  • Home
  • About
  • Contact Us
  • Sitemap
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
Home » Deteksi kerusakan mesin » Tips Motor » Cara Mengetahui Kampas Kopling Motor Aus / habis

Thursday, July 2, 2015

Cara Mengetahui Kampas Kopling Motor Aus / habis

Sobat atik-utak motor, selamat berjumpa lagi .... sudah lama tidak update posting... kali ini saya coba untuk berbagi buat sobat semua. Sobtiktak mungkin sudah tahu bahwa Kopling merupakan komponen sangat vital bagi sepeda motor, peran kopling sebagai pemindah dan pemutus tenaga / putaran dari mesin ke transmisi. 
Jika kopling mengalami gangguan tentunya akan berdampak pemutusan tenaga dan pemindahan tenaga tidak berjalan dengan baik,
alhasil menyebabkan tenaga yang dipindahkan dari mesin tidak maksimal sehingga tenaga mesin berkurang, susah pindah gigi, dan yang menyedihkan sudah tidak bertenaga tetapi bahan bakar boros lantaran mesin dipaksa bekerja dengan putaran tinggi tetapi tidak bertenaga. 

Berikut akan saya bagikan artikel bagaimana cara mengetahui kampas kopling habis / aus

Setelan tuas kopling (manual)
Ketebalan kampas kopling juga bisa diukur dari setelan tuas kopling (kopling manual). Jika tuas kopling sudah terlalu dalam, itu artinya kampas kopling sudah mulai menipis. Anda sebaiknya segera mengganti kampas kompling sebelum merusak mesin.

Baca juga cara menyetel kopling semi otomatis

Susah Pindah Gigi / Selip Saat Pindah Gigi
Hal ini ditandai saat melakukan pemindahan gigi presneling sepeda motor mengalami kesulitan keras bahkan susah untuk ganti gigi, biasanya timbul suara “Klak” yang cukup keras, hal ini dikarenakan kopling selain sebagai penerus tenaga / putaran juga sebagai pemutus tenaga/putaran,   saat akan memindahkan gigi artinya kopling harus memutuskan kemudian menghubungkan tenaga akan tetapi karena kopling sudah aus saat menghubungkan tenaga/putaran tidak berjalan dengan baik sehingga susah dan terjadi hentakan/suara yang cukup keras. 

Akselerasi Motor Berkurang
Saat melakukan akselerasi hand grip gas sudah diputar cukup banyak dan putaran mesin sudah naik cukup tinggi (meraung) tetapi motor tidak mau lari setelah beberapa lama kemudian baru motor ngeloyor. Ini merupakan indikasi kopling sudah mulai aus, sehingga segera lakukan penggantian kampas kopling.

Tenaga Mesin Berkurang
Hal ini dapat terdeteksi saat melalui tanjakan biasanya tidak ada masalah namun terasa motor tidak bertenaga, ini juga merupakan indikasi kopling tidak mampu memindahkan tenaga/putaran dengan maksimal sehingga tenaga mesin berkurang.

Jika Sobat atik-utak motor mengalami gejala-gejala tersebut, maka sobat harus waspada dan segera melakukan pemeriksaan bila perlu lakukan pergantian. Jika sobat belum memiliki keberanian untuk melakukan perbaikan ada baiknya bawa sepeda motor sobat ke bengkel yang sudah terpercaya. Kondisi kopling yang kurang baik bisa mengganggu saat dalam perjalanan. Selalu perhatikan kondisi sepeda motor sobat demi keselamatan berlalu lintas. Semoga artikel ini bermanfaat.


f
Share
t
Tweet
g+
Share
?
tri haryadi
6:57 PM

1 komentar untuk "Cara Mengetahui Kampas Kopling Motor Aus / habis"

  1. FauziMarch 2, 2019 at 7:32 AM

    Wah motor saya juga gitu.. akselerasi lemah, tenaga loyo (apalagi kalo boncengan), kalo pas ngurangin gigi kadang udah di injek pol/mentok tapi gigi masih belum pindah.. Berarti kampasnya dah aus kali yah?

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
Add comment
Load more...

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Entri Populer

  • Cara Menyetel Kopling Sepeda Motor Bebek
  • Cara mengatasi rem cakram motor macet
  • Cara Memasang Piston Motor Yang Benar
  • Cara Menghilangkan Cat Blok Mesin Motor
  • Cara mengatasi rem cakram masuk angin
  • Mencari Posisi Top Kompresi Motor

Tautan Blog Saya

Materi Otomotif SMK
Budidaya jamur
Seputar Mesin Diesel

Blog Archive

  • ►  2016 (1)
    • ►  February (1)
  • ▼  2015 (45)
    • ►  December (2)
    • ►  November (1)
    • ►  October (1)
    • ►  September (5)
    • ►  August (4)
    • ▼  July (2)
      • Cara menghilangkan bekas stiker pada motor
      • Cara Mengetahui Kampas Kopling Motor Aus / habis
    • ►  May (2)
    • ►  April (2)
    • ►  March (9)
    • ►  January (17)

Labels

  • Deteksi kerusakan mesin (9)
  • Gangguan Motor (9)
  • Kelistrikan Motor (1)
  • Korek harian (2)
  • Mengatasi Motor Mogok (3)
  • Mengenal Mesin Motor (4)
  • mengetahui ban motor (1)
  • Menyetel katub (2)
  • Tips Motor (36)
  • Utak-atik Motor (15)
Copyright 2013 Utak - atik Sepeda Motor - All Rights Reserved
Design by Mas Sugeng - Published by Evo Templates