Utak - atik Sepeda Motor

Tips cara utak-atik motor sendiri

  • Home
  • About
  • Contact Us
  • Sitemap
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
Home » Tips Motor » Utak-atik Motor » Cara mengatasi rem cakram masuk angin

Friday, March 6, 2015

Cara mengatasi rem cakram masuk angin

Sobat atik-utak motor, sudah kita ketahui bersama betapa pentingnya sistem rem bagi keselamatan berkendara, memastikan kerja pengereman wajib kita lakukan ketika mengendarai sepeda motor sebab hal ini tidak hanya menyangkut keselamatan kita sebagai pengendara tetapi juga menyangkut orang lain, tidak jarang banyak terjadi kecelakaan dikarenakan tidak berfungsinya sistem pengereman kendaraan.Semisal rem blong ketika pedal di injak / di tekan padahal pengemudi sudah berusaha melakukan pengereman berulang - ulang namun kendaraan tidak berhenti, hal ini sering terjadi satu penyebabnya sistem rem kemasukan udara atau terdapat udara di dalam sistem rem, udara memiliki sifat yang dapat di mampatkan / di kompresikan sehingga tekenan yang diberikan saat menginjak/menekan pedal / tuas rem tidak dapat diteruskan oleh fluida / minyak rem untuk mendorong piston dan kanvas rem alhasil kendaraan tidak mau berhenti istilah ini sering di sebut REM MASUK ANGIN. 
Sobat atik-utak motor jika anda mengalami saat melakukan pengereman rem terasa ngempos atau perlu berulang-ulang menekan tuas baru rem dapat bekerja maka berhati-hatilah ini merupakan gejala terjadinya rem masuk angin, segera lakukan pemeriksaan dan perbaikan rem anda periksa apakah terjadi kebocoran oli rem atau tidak ( baca cara mengatasi rem cakram bocor ) karena kebocoran menjadi salah satu penyebab rem masuk angin walaupun masih ada penyebab lain dari rem masuk angin diantaranya adalah pengisian atau penggantian minyak rem baru, setiap melakukan penggantian minyak rem kita harus memastikan tidak ada udara yang terjebak di dalam sistem untuk itu kita harus melakukan pembledingan. 

Cara membleding / mengatasi rem masuk angin

  1. Siapkan minyak rem dan kunci ring 11 (kunci yang sesua) untuk membuka baut nipel 
  2. Tekan tuas rem berulang-ulang (dikocok) sampai terasa ada tekanan dan tahan jangan dilepaskan
  3. Buka / kendorkan baut nipel sebentar kemudian kencangkan lagi, perhatikan minyak akan keluar dari lubang baut nipel, jika minyak keluar dengan semprotan yang kuat tandanya udara sudah hilang tetapi jika semprotan minyak keluar pelan/kecil artinya masih ada udara, lakukan berulang-lang sampai semprotan minyak besar/kuat.
  4. Jangan lupa mengisi minyak rem pada tabung reservoir master rem, jangan sampai kehabisan cadangan minyak pada master rem karena udara bisa masuk kembali.

Catatan : 
  • hati - hati jangan sampai minyak mengenai kulit, cat atau logam lain karena dapat menyebabkan kerusakan karat atau alergi/gatal-gatal. 
  • Lebih aman gunakan selang untuk mengalirkan minyak dari nipel dan menampungnya ke dalam wadah.
f
Share
t
Tweet
g+
Share
?
tri haryadi
8:55 PM

Artikel Menarik Lainnya:

Cara Membuat Lampu Motor Jadi Teran...
Cara Membuat Lampu Motor Jadi Teran...
Tips Cara Menghemat BBM motor Matik
Tips Cara Menghemat BBM motor Matik
Cara merawat motor matic agar awet
Cara merawat motor matic agar awet
Penyebab Mesin Motor Berisik dan So...
Penyebab Mesin Motor Berisik dan So...
Penyebab Tangki Motor Bocor dan car...
Penyebab Tangki Motor Bocor dan car...
Penyebab dan cara mengatasi CVT Mio...
Penyebab dan cara mengatasi CVT Mio...

11 komentar untuk "Cara mengatasi rem cakram masuk angin"

  1. tri haryadiDecember 21, 2015 at 5:19 AM

    itu tandanya masih ada udara/angin yg terjebak di dalam sistem... angin musti di buang abis gan...(di bleding)

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  2. tri haryadiDecember 21, 2015 at 10:29 PM

    baca baik-baik artikel di atas..... lakukan dengan benar...

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  3. UnknownJanuary 10, 2016 at 11:23 PM

    Biasanya gampang gan tp ini kok sulit angin gak mau ilang...gmn ya?udah berkali2 biasanya gak sulit...selang gak ada yg bocor master rem baru,mohon masukanya gan???

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  4. UnknownJanuary 10, 2016 at 11:24 PM

    Biasanya gampang gan tp ini kok sulit angin gak mau ilang...gmn ya?udah berkali2 biasanya gak sulit...selang gak ada yg bocor master rem baru,mohon masukanya gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. tri haryadiJanuary 12, 2016 at 4:40 PM

      kalau proses sdh dilakukan dengan benar dan berkali-kali dilakukan tetapi blm hilang tu angin coba cek kondisi sil piston pada master rem atas atau sil piston pada kaliper rem cakram bawah.

      Delete
      Replies
        Reply
    2. Reply
  5. UnknownJuly 3, 2016 at 3:24 AM

    Mohon bantuan motor vixion saya baru di ganti kampas belakang setalah sya pake berapa hri langsung blong tuas rem saya mainkn pake kaki los semua..mohon bantuan

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  6. UnknownJuly 13, 2016 at 4:36 PM

    makasih gan, sangat membantu (^_^). . .

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  7. UnknownJuly 23, 2016 at 8:10 PM

    This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  8. UnknownJuly 23, 2016 at 8:15 PM

    This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  9. IdhayvrApril 3, 2017 at 11:12 PM

    Oke sip ,artikel sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  10. IdhayvrApril 3, 2017 at 11:13 PM

    Oke sip ,artikel sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
Add comment
Load more...

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Entri Populer

  • Cara Menyetel Kopling Sepeda Motor Bebek
  • Cara mengatasi rem cakram motor macet
  • Cara Memasang Piston Motor Yang Benar
  • Cara Menghilangkan Cat Blok Mesin Motor
  • Cara mengatasi rem cakram masuk angin
  • Mencari Posisi Top Kompresi Motor

Tautan Blog Saya

Materi Otomotif SMK
Budidaya jamur
Seputar Mesin Diesel

Blog Archive

  • ►  2016 (1)
    • ►  February (1)
  • ▼  2015 (45)
    • ►  December (2)
    • ►  November (1)
    • ►  October (1)
    • ►  September (5)
    • ►  August (4)
    • ►  July (2)
    • ►  May (2)
    • ►  April (2)
    • ▼  March (9)
      • Penyebab Mesin Motor Berisik dan Solusinya
      • Penyebab Tangki Motor Bocor dan cara mencegah
      • Penyebab dan cara mengatasi CVT Mio Berdecit
      • Cara Mengatasi Grip Gas Motor Seret
      • Cara mengatasi rem cakram masuk angin
      • Mengatasi kebocoran minyak rem pada kaliper cakram...
      • Cara mengatasi rem cakram motor macet
      • Cara sederhana memeriksa tekanan kompresi motor
      • Cara Memeriksa Sistem Pengapian Sepeda Motor
    • ►  January (17)

Labels

  • Deteksi kerusakan mesin (9)
  • Gangguan Motor (9)
  • Kelistrikan Motor (1)
  • Korek harian (2)
  • Mengatasi Motor Mogok (3)
  • Mengenal Mesin Motor (4)
  • mengetahui ban motor (1)
  • Menyetel katub (2)
  • Tips Motor (36)
  • Utak-atik Motor (15)
Copyright 2013 Utak - atik Sepeda Motor - All Rights Reserved
Design by Mas Sugeng - Published by Evo Templates