Utak - atik Sepeda Motor

Tips cara utak-atik motor sendiri

  • Home
  • About
  • Contact Us
  • Sitemap
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
Home » Tips Motor » Utak-atik Motor » Cara mengatasi rem cakram motor macet

Tuesday, March 3, 2015

Cara mengatasi rem cakram motor macet

Sobat atik-utak motor, rem merupakan piranti kendaraan bermotor yang sangat vital, tida terkecuali pengguna sepeda motor oleh karena rem berperan untuk menghentikan atau memperlambat laju sepeda motor, tanpa adanya sistem rem motor yang kita kendaraan sulit untuk berhenti atau diperlambat sesuai dengan keinginan pengendara. sekarang coba anda bayangkan sedang mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tinggi tiba-tiba ada seorang kakek yang sedang menyeberang jalan mungkinkah anda akan menabrak sang kakek?
tentunya anda akan berusaha untuk memperlambat atau menghentikan laju motor nah untuk ini diperlukan peran sistem rem. Sistem rem secara berkala harus kita periksa untuk memastikan piranti ini mampu bekerja dengan optimal apalagi jika motor sudah tergolong berusia tua. seperti motor supra keluaran 2002 milik teman.. mungkin pengalaman ini pernah terjadi pada sobat tiktak, begini ceritanya.
Saat berkendara dan melakukan pengereman ternyata tuas rem terasa keras atau berat dan saat tuas dilepas tidak segera kembali dan cakram terus tergesek oleh kanvas rem / pad alhasil bukannya berhenti tapi motor tetap nyelonong begitu saja, tidak mau berakibat lebih fatal akhirnya rem cakram dibongkar ternyata kanvas rem tidak mau kembali lantaran terdorong terus oleh piston yang macet alias tidak mau masuk kembali.  usut di usut penyebab bermula dari minyak rem kotor lantaran minyak sudah berumur dan terjadi endapan kotoran mengumpul di dalam silinder kaliper rem cakram, endapan kotoran menempel pada piston dan mengeras sehingga saat piston bergerak mengganggu pergerakan piston, jika hal ini dibiarkan terlalu lama dinding piston / silinder akan tergerus untuk itu segera lakukan perbaikan. Barang kali sobat atik utak motor kepengin tahu cara nya berikut saya bagikan:

Cara mengatasi rem cakram motor macet




  1. Posisikan motor pada standar utama atau standar tengah
  2. Lepaskan roda depan motor dengan melepas baut as roda
  3. Lepaskan kaliper rem dari dudukan yang menempel dengan shock beker
  4. Lepaskan selang rem dari kaliper dan keluarkan minyak rem, gunakan wadah/nampan untuk menampung minyak, hati-hati jika mengenai cat bisa rusak / mengenai tangan bisa iritasi dan gatal
  5. Keluarkan piston dari kaliper dengan menariknya, jika sulit gunakan udara bertekanan / kompresor untuk mengeluarkan piston, tiup dari lubang masuknya oli rem.
  6. Bersihkan piston dari kotoran atau karat dan periksa dari kemungkinan luka / goresan, jika kotoran / karat susah dibersihkan gunakan kompon untuk membersihkannya, kompon selain membersihkan karat dan kotoran juga menghaluskan permukaan piston yang tergores tipis, jika luka goresan piston terlalu dalam lakukan penggantian dengan piston yang baru agar minyak rem tidak bocor, baca juga penyebab minyak rem sepeda motor bocor.
  7. Bersihkan pula silinder dari kotoran atau karat bisa juga menggunakan kompon jika kotoran membandel
  8. Pasang kembali piston yang sudah dibersihkan berikut dengan kelengkapan lainnya, jangan lupa isi kembali minyak rem baru kedalam master silinder rem. yang tidak kalah penting buang udara yang terjebak di dalam sistem rem karena akan mengganggu proses pengereman baca cara mengatasi rem sepeda motor ngocok.
  9. Lakukan test drive untuk memastikan rem berfungsi dengan baik.

Selamat mencoba
f
Share
t
Tweet
g+
Share
?
tri haryadi
10:21 PM

Artikel Menarik Lainnya:

Cara Memasang Piston Motor Yang Ben...
Cara Memasang Piston Motor Yang Ben...
Penyebab Motor Mogok dari Tutup Tan...
Penyebab Motor Mogok dari Tutup Tan...
Cara Menghilangkan Cat Blok Mesin M...
Cara Menghilangkan Cat Blok Mesin M...
Cara Menyetel Kopling Sepeda Motor ...
Cara Menyetel Kopling Sepeda Motor ...
Meningkatkan Performa Motor dengan ...
Meningkatkan Performa Motor dengan ...
Utak - atik Sepeda Motor
Utak - atik Sepeda Motor

27 komentar untuk "Cara mengatasi rem cakram motor macet"

  1. UnknownMay 7, 2015 at 11:52 PM

    Slam Bos...motor sy revo model lama, salah satu piston rem depannya macet..bengkel resmi sudah angkat tangan, kira2 solusinya gimana...kamsia...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tri haryadiMay 29, 2015 at 5:57 PM

      Pastikan tidak terjadi keausan pada piston dan silinder kaliper rem, pastikan juga tidak terdapat kotoran kerak atau karat yang mengganggu pergerakan piston maupun kaliper, pastikan juga pemasangan piston betul-betul lurus... soalnya kalau miring dipaksakan masuk menyebabkan piston sulit bergerak...

      Delete
      Replies
        Reply
    2. UnknownOctober 16, 2016 at 7:14 PM

      shill kaliper rusak gan ganti

      Delete
      Replies
        Reply
    3. Reply
  2. UnknownMay 30, 2015 at 8:57 AM

    Mantab Gan .... thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. tri haryadiJune 11, 2015 at 12:45 AM

      Sip... sobat hapril...Syukurlah kalo bermanfaat

      Delete
      Replies
        Reply
    2. Reply
  3. Mungkar PriyonoJuly 21, 2015 at 4:57 PM

    Motor saya karisma, rem cakram depan agak seret. Maksudnya tanpa tuas rem ditarikpun rosa ga muter dengan mulus. Rada seret. Apanya ga gan?

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  4. Mungkar PriyonoJuly 21, 2015 at 4:58 PM

    Motor saya karisma, rem cakram depan agak seret. Maksudnya tanpa tuas rem ditarikpun rosa ga muter dengan mulus. Rada seret. Apanya ga gan?

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  5. gaganAugust 26, 2015 at 9:38 PM

    Kalo sudah dipasang kembali...masukan piston remnya juga susah trus piston nya gk mau gerak kayak seret gitu...dan dirempun ka menjepit...intinya piston gk bs gerak...mohon pencerahannya...trmksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tri haryadiAugust 28, 2015 at 7:11 AM

      Sebelum memasang pastikan dinding silinder dan piston dalam keadaan bersih, dan cara memasukan piston pastikan betul-betul lurus tidak miring untuk mempermudah masuk dapat diolesi dengan minyak rem baru

      Delete
      Replies
        Reply
    2. Reply
  6. UnknownDecember 2, 2015 at 8:43 AM

    Bos ane kan punya vario 125 esp..4 bulan lalu saya ganti velg raving marek p***r...sekitar seminggu yg lalu klo pas ngrrem depan ada bunyi grok grok gtu...klo kata ahas efek dari felg..tp klo dri velg knapa baru kerasa sekarang ya..kira kira dati mana ya bunyi grokk itu brasal saat rem depan

    ReplyDelete
    Replies
    1. tri haryadiDecember 3, 2015 at 6:46 PM

      Timbulnya bunyi grok-grok biasanya disebabkan terjadi saat pad / kanvas rem cakram menjepit piringan cakram tetapi timbul gerakan tambahan akibat gaya sentrifugal(piringan berputar dijepit sehingga penjepit seolah2 terlempar keluar) bisa karena Kaliper rem kocak / kurang kencang atau pemasangan pad / kanvas rem kurang tepat.

      Delete
      Replies
        Reply
    2. Reply
  7. UnknownDecember 5, 2015 at 11:32 PM

    Pak motor kami abis diganti kapas rem cakramnya, terus itu remnya blong karena anginan, sudah saya keluarkan anginnya tetapi pedal rem masih aja blong. Gimana ngatasinnya pak.
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tri haryadiDecember 7, 2015 at 6:51 PM

      Pastikan bahwa sudah tidak ada udara yang terjebak di dalam selang .... (baca: http://atikutakmotor.blogspot.com/2015/03/cara-mengatasi-rem-cakram-masuk-angin.html) dan juga pastikan tidak ada oli atau Vet yang menempel pada kanvas Rem / Piringan cakram..

      Delete
      Replies
        Reply
    2. Reply
  8. yudhi restuJanuary 11, 2016 at 6:48 PM

    pa.. motor saya honda beat 2009 ,, rem depan nya macet .. nyampe panas piringan nya,, sudah di ganti oli rem sama kampasnya ,, trus di bersihin semua sma bengkel,, tapi tetep aja panas dan pas di coba di rem malah macet lagi,, itu kenapa ya,, apa harus ganti apanya gtu ??? mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. tri haryadiJanuary 12, 2016 at 4:45 PM

      kemungkinan besar penyebab macet pada piston kaliper, coba di cek piston berkerak atau tidak, bersihkan bila perlu ganti pistonnya, jgn lupa kalo masang kaliper beri Vet pada poros kaliper agar kaliper dpt bergerak maju mundur saat di rem (tipe kaliper sliding)

      Delete
      Replies
        Reply
    2. Reply
  9. UnknownJanuary 23, 2016 at 4:24 PM

    Pak... motor saya thunder 125 baru ganti piringan cakram variasi shogun 110 dan kampas nya juga baru tapi kok kita sudah pencet pedal rem nya sekuat mungkin juga masih berjalan walaupun agak kesat.
    mohon pencerahannya...

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  10. AnonymousApril 11, 2016 at 8:49 AM

    Mantab Gan, trima kasih sdah berbagi ilmu dgn saya ataupun dgn yg lainya....smoga bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  11. UnknownJuly 22, 2016 at 3:51 AM

    Mau tanya gan motor Vario rem cakram panas udh ane bersihin pas sya cek,sy tekan piston kedalam susah,yg sy mau tanyakan seberapa keras kita tekan piston bisa gerak masuk,sbb sy tekan dengan jempol tangan g kuat masuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. tri haryadiAugust 2, 2016 at 9:07 PM

      Sdr. Karyono perlu sdr ketahui bahwa prinsip kerja rem adalah memanfaatkan panas hasil gesekan kampas dengan cakram/tromol untuk menghentikan putaran.... kalau dingin malah tdk mau berhenti.... utk memasukkan piston pastikan betul-2 lurus jangan miring tekan dengan jari insyaallah masuk, bila perlu olesi dinding piston dan silinder dengan minyak rem.

      Delete
      Replies
        Reply
    2. Reply
  12. UnknownDecember 18, 2016 at 1:38 AM

    Gan, nanya masalah rem cakram kharisma ane tiba" blong, trs and check minyak rem masih ada. Ane pompa dgn nekan tuas rem bolak balik tetep ngeblong Dan gak Ada tekanan. Solusi dong Gan..
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  13. Focus Multracomm GroupJuly 19, 2017 at 5:04 AM

    Malam Om, Mohon suggestnya...Saya pengguna motor Vulcan 1000cc, pada saat saya sedang mengendarai (+/-35 menitan),.motor saya terasa berat..rasanya seoerti nginjak rem,...kira-2 sebelum 1 bulan lalu..saya kencengin kabel rem kaki...selang 1 jam'an efeknya saat itu...berat dan akhirnya seperti terkunci...maju stuck dan mundur juga stuck (tapi saat itu juga saya kendurkan ke awal lagi dan akhirnya bisa jalan normal lagi...nah yg sekarang saya tidak utak utik soal rem lagi...tapi ya itu...tiba2 terasa berat lagi, kenapa ya Om..plis bantuannya, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tri haryadiJuly 19, 2017 at 8:43 PM

      mas Focus Multracomm ... terasa berat kemungkinan kampas rem tidak mau kembali alias masih menggesek tromol... hali ini disebabkan cam tuas penggerak kampas rem macet karena kering, lepas bersihkan dan beri vet agar dapat bergerak lembut

      Delete
      Replies
        Reply
    2. Reply
  14. Focus Multracomm GroupJuly 20, 2017 at 6:10 AM

    Terima kasih Om atas feedbacknya..mungkin sedikit tambahan info...setelah terasa berat yang terakhir..kira2 1 jam saya diamkan dan kembali normal alias tidak macet atw berat lagi..apakah tetap harus saya bersihkan sesuai info Om tadi? #oya..saya perhatikan tidak ada oli yang menetes (kondisi sepertinya baik)..tidak seperti yang macet pertama (bau rem dan panas)

    Om, 1.bisa bantu share link (youtube) agar bisa saya contohkan? 2. beri vet (maksudnya apa ya?maaf kurang paham)..

    Terima kasih atas infonya Om, sehat dan sukses selalu saya ucapkan, wassalam #joy

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  15. UnknownNovember 6, 2017 at 6:55 AM

    Motor ane vixion old..cakram depan pas ganti kampas rem agak berat ya perputaran ban nya minta solisi nya om..

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  16. RUMAHBRANDNovember 23, 2017 at 4:31 AM

    Malam om,minta masukan dungs..

    Awalnya, Shock breaker depan sering netes (ada kebocoran), sepertinya seal depan (apa benar kira2 seperti itu?...waktu itu sih saya masih diamkan saja..mengingat belum ada masalah,..Namun setelah 2-3 bulan kedepan..motor saya sekarang sangat terasa geol2 (rasanya kaya disco Lambada gitu Om) hehehe..kira2 apa ya penyebabnya?..apa karena seal shock di depan?..ataukan bearing roda belakang?..satu lagi ya om..ada referensi Sparepart yang jual moge (kawasaki Vulcan)di Indonesia "Bonjer" gitu?...Mohon petunjuk Om Master..Suwun

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  17. UnknownDecember 28, 2017 at 5:29 PM

    Kampas rem belakang saya panas bgt dan tidak bisa kembali ke awal setelah pengereman piSton nya. Pas diguyur air dan jadi adem piSton bisa balik ke awal. Gmn ya biar bisa lancar

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  18. UnknownMay 11, 2019 at 8:39 PM

    Saya sudah 3 kali bersihin piston,karet dan tuas penggerak rem sudah dilunasi bet, tapi Supra sy penyakit seretnya permanen.
    Apa solusinya sebelum menggantinya dg master yang baru ?

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
Add comment
Load more...

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Entri Populer

  • Cara Menyetel Kopling Sepeda Motor Bebek
  • Cara mengatasi rem cakram motor macet
  • Cara Memasang Piston Motor Yang Benar
  • Cara Menghilangkan Cat Blok Mesin Motor
  • Cara mengatasi rem cakram masuk angin
  • Mencari Posisi Top Kompresi Motor

Tautan Blog Saya

Materi Otomotif SMK
Budidaya jamur
Seputar Mesin Diesel

Blog Archive

  • ►  2016 (1)
    • ►  February (1)
  • ▼  2015 (45)
    • ►  December (2)
    • ►  November (1)
    • ►  October (1)
    • ►  September (5)
    • ►  August (4)
    • ►  July (2)
    • ►  May (2)
    • ►  April (2)
    • ▼  March (9)
      • Penyebab Mesin Motor Berisik dan Solusinya
      • Penyebab Tangki Motor Bocor dan cara mencegah
      • Penyebab dan cara mengatasi CVT Mio Berdecit
      • Cara Mengatasi Grip Gas Motor Seret
      • Cara mengatasi rem cakram masuk angin
      • Mengatasi kebocoran minyak rem pada kaliper cakram...
      • Cara mengatasi rem cakram motor macet
      • Cara sederhana memeriksa tekanan kompresi motor
      • Cara Memeriksa Sistem Pengapian Sepeda Motor
    • ►  January (17)

Labels

  • Deteksi kerusakan mesin (9)
  • Gangguan Motor (9)
  • Kelistrikan Motor (1)
  • Korek harian (2)
  • Mengatasi Motor Mogok (3)
  • Mengenal Mesin Motor (4)
  • mengetahui ban motor (1)
  • Menyetel katub (2)
  • Tips Motor (36)
  • Utak-atik Motor (15)
Copyright 2013 Utak - atik Sepeda Motor - All Rights Reserved
Design by Mas Sugeng - Published by Evo Templates