Utak - atik Sepeda Motor

Tips cara utak-atik motor sendiri

  • Home
  • About
  • Contact Us
  • Sitemap
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
Home » Deteksi kerusakan mesin » Gangguan Motor » Tips Motor » Bahan Bakar Sepeda Motor Boros

Tuesday, September 1, 2015

Bahan Bakar Sepeda Motor Boros

Sobat atik-utak motor, Memiliki motor dengan performa bagus dan irit bahan bakar menjadi idaman banyak orang, tetapi terkadang apa yang kita idam-idamkan tidak sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya, salah satunya bahan bakar / bensin boros, apalagi saat ini harga bahan bakar cenderung selalu naik. Sobtiktak kali ini saya mencoba share ke sobat semua mengenai kemungkinan penyebab bahan bakar sepeda motor boros sekaligus tips sederhana cara mengatasinya

Penyebab Bahan Bakar / Bensin Boros


  1. Saringan udara tersumbat / kotor. Tersumbatnya saringan udara menyebabkan terganggunya suplai udara masuk ke dalam silinder sehingga memaksa pemasukan bahan bakar / bensin menjadi lebih banyak. Cara mengatasinya buka dan bersihkan saringan udara dengan udara kompresor, dapat juga di cuci bila perlu ganti dengan filter udara baru.
  2. Sistem kerja pelampung tidak normal. Kerja pelampung yang tidak normal menyebabkan karburator tidak dapat mengontrol jumlah bensin yang masuk ke dalam mangkuk karburator (terlalu banyak bahkan bisa menyebabkan karburator banjir), cara mengatasinya buka karburator, setel pelampung sesuai prosedur dan pastikan jarum pelampung / nedle dapat menutup dengan sempurna dan pelampung dapat bergerak naik turun.
  3. Choke tertutup terus. Katup cuk / choke jika di aktifkan akan berfungsi menutup lubang venturi sehingga mengurangi jumlah pasokan udara yang masuk aalhasil akan menambah jumlah bensin yang masuk, Cuk / choke efektif saat melakukan star / menghidupkan motor di pagi hari tetapi jika setiap motor jalan akan menyebabkan konsumsi bensin boros, cara mengatasinya Perbaiki choke jika tertutup terus / aktif dan pastikan menggunakan hanya saat menghidupkan awal atau saat pagi hari setelah hidup segera kembalikan tuas cuk / choke ke posisi off.
  4. Letak klip tidak tepat. Bensin yang masuk ke dalam silinder salah satunya di atur oleh Jarum Skep, Banyak sedikitnya bensin tergantung dari tingginya jarum terangkat oleh skep karburator semakin tinggi skep semakin banyak bahan bakar, pada bagian atas skep terdapat alur-alur klip penahan jarum (kurang lebih ada 5 alur), cara mengatasi perbaiki letak klip skep semakin berada di alur terbawah maka bensin semakin banyak, semakin skep berada pada alur teratas bensin semakin irit.
  5. Spuyer sudah aus. Jika lubang Spuyer ( main jet dan pilot jet) aus (bertambah besar) maka jumlah bahan bakar yang masuk ke silinder menjadi lebih banyak, cara mengatasi gantilah spuyer ( main jet dan pilot jet ) dengan yang baru sesuai standard jika terdapat keausan
  6. Rem mengesek, Adanya gesekan kampas rem dengan tromol atau cakram terus menerus saat berjalan menyebabkan beban laju kendaraan semakin berat sehingga konsumsi bensin lebih banyak, pastikan tidak menginjak rem jika tidak dibutuhkan dan periksa setelan rem betul-betul sesuai standar
  7. Tekanan ban kurang, berkurangnya tekanan ban (ban kempes) menyebabkan gesekan roda dengan jalan menjadi semakin besar sehingga beban laju motor menjadi semakin besar pula alhasil konsumsi bahan bakar menjadi lebih banyak, selalu periksa tekanan ban.

Demikian sobat atik-utak motor semoga artikel ini bermanfaat.

f
Share
t
Tweet
g+
Share
?
tri haryadi
10:11 PM

Belum ada komentar untuk "Bahan Bakar Sepeda Motor Boros"

Post a Comment

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Entri Populer

  • Cara Menyetel Kopling Sepeda Motor Bebek
  • Cara mengatasi rem cakram motor macet
  • Cara Memasang Piston Motor Yang Benar
  • Cara Menghilangkan Cat Blok Mesin Motor
  • Cara mengatasi rem cakram masuk angin
  • Mencari Posisi Top Kompresi Motor

Tautan Blog Saya

Materi Otomotif SMK
Budidaya jamur
Seputar Mesin Diesel

Blog Archive

  • ►  2016 (1)
    • ►  February (1)
  • ▼  2015 (45)
    • ►  December (2)
    • ►  November (1)
    • ►  October (1)
    • ▼  September (5)
      • Mengatasi Karet Angkatan Gear Belakang Oblak
      • Shock Absorber / Suspensi Motor Keras
      • Cara Membedakan Busi Motor Asli dan Palsu
      • Tekanan Kompresi Motor Rendah
      • Bahan Bakar Sepeda Motor Boros
    • ►  August (4)
    • ►  July (2)
    • ►  May (2)
    • ►  April (2)
    • ►  March (9)
    • ►  January (17)

Labels

  • Deteksi kerusakan mesin (9)
  • Gangguan Motor (9)
  • Kelistrikan Motor (1)
  • Korek harian (2)
  • Mengatasi Motor Mogok (3)
  • Mengenal Mesin Motor (4)
  • mengetahui ban motor (1)
  • Menyetel katub (2)
  • Tips Motor (36)
  • Utak-atik Motor (15)
Copyright 2013 Utak - atik Sepeda Motor - All Rights Reserved
Design by Mas Sugeng - Published by Evo Templates