Utak - atik Sepeda Motor

Tips cara utak-atik motor sendiri

  • Home
  • About
  • Contact Us
  • Sitemap
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
Home » Deteksi kerusakan mesin » Gangguan Motor » Tekanan Kompresi Motor Rendah

Friday, September 4, 2015

Tekanan Kompresi Motor Rendah

Sobat atik-utak motor, Tekanan kompresi motor merupakan syarat utama agar motor dapat hidup,, tentunya besaran tekanan kompresi sesuai dengan standar/spesifikasinya agar tenaga hasil pembakaran optimal. Tekanan kompresi terlalu rendah mengakibatkan tenaga motor berkurang bahkan motor susah dihidupkan, untuk mengetahui besarnya kompresi lakukan pemeriksaan baca: cara sederhana memeriksa tekanan kompresi. Jika motor sobat mengalami tekanan kompresi rendah lakukan pemeriksaan dan cari penyebabbnya.

Penyebab Tekanan Kompresi Motor Rendah

  1. Katup bocor, Katup tidak menutup sempurna menyebabkan terjadinya rongga alhasil kompresi bocor, cara memperbaiki dengan melakukan skir klep.
  2. Penyetelan pembukaan pada katup tidak tepat. Saat pembukaan katup diperlukan agar optimal saat terjadinya langkah kerja motor terutama saat hisap, kompresi, buang, jika katup membuka bukan pada waktunya akan berpengaruh pada kerja mesin (contoh harusnya katup sudah menutup setelah langkah hisap, tetapi terlambat menutup saat langkah kompresi alhasil kompresi bocor), cara memperbaiki dengan melakukan penyetelan katup yang benar sesuai standar.
  3. Katup aus / bengkok. katup aus / bengkok menyebabkan katup tidak dapat menutup dengan sempurna, Jika katup aus atau bengkok gantilah katup dengan yang baru sesuai dengan standard.
  4. Kepala silinder berubah bentuk atau rusak. perubahan bentuk kepala silinder menyebabkan terjadinya celah antara kepala silinder dengan blok silinder sehingga terjadi kebocoran, Jika terjadi hal demikian lakukan perbaikan dengan meratakan kepala silinder atau bila perlu gantilah kepala silinder dengan yang baru.
  5. Dinding silinder aus. Ausnya diiding silinder menyebabkan gas kompresi bocor ke ruang engkol, cara mengatasi dengan menambah oversize, ganti piston dan ring piston sesuai oversize yang baru atau ganti dinding silinder.
  6. Piston dan ring piston aus. hali ini juga bisa menyebabkan bocornya gas kompresi ke ruang engkol, Jika terjadi hal demikian ganti piston dan ring piston.

Demikian Sobtiktak semoga bermanfaat.

f
Share
t
Tweet
g+
Share
?
tri haryadi
9:03 PM

2 komentar untuk "Tekanan Kompresi Motor Rendah"

  1. UnknownJanuary 2, 2017 at 4:31 AM

    Asalamualaikum, mas mau nanya nihh.. Kenapa pas saya engkol ada kompresi nya, tapi pas udah nyala, karburator tak ada hisapan nya, dan motor sangat berat saat di gass... Posisi piston berdiameter 69 , dan boring lecet, pistoon pun sama lecet, tapi ring piston masih baguss, yg menyebabkan boring lecet ada pistonyanya, dikarenakan saat korter terlalu lobok. Minta solusinya om, biar motor ane aDa hisapan nya nya saat nyaala. Biar gaberat lagi trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  2. Jnb serviceDecember 3, 2017 at 3:35 PM

    makasih infonya gan ditunggu kunbalnya kangjokogun.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
Add comment
Load more...

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Entri Populer

  • Cara Menyetel Kopling Sepeda Motor Bebek
  • Cara mengatasi rem cakram motor macet
  • Cara Memasang Piston Motor Yang Benar
  • Cara Menghilangkan Cat Blok Mesin Motor
  • Cara mengatasi rem cakram masuk angin
  • Mencari Posisi Top Kompresi Motor

Tautan Blog Saya

Materi Otomotif SMK
Budidaya jamur
Seputar Mesin Diesel

Blog Archive

  • ►  2016 (1)
    • ►  February (1)
  • ▼  2015 (45)
    • ►  December (2)
    • ►  November (1)
    • ►  October (1)
    • ▼  September (5)
      • Mengatasi Karet Angkatan Gear Belakang Oblak
      • Shock Absorber / Suspensi Motor Keras
      • Cara Membedakan Busi Motor Asli dan Palsu
      • Tekanan Kompresi Motor Rendah
      • Bahan Bakar Sepeda Motor Boros
    • ►  August (4)
    • ►  July (2)
    • ►  May (2)
    • ►  April (2)
    • ►  March (9)
    • ►  January (17)

Labels

  • Deteksi kerusakan mesin (9)
  • Gangguan Motor (9)
  • Kelistrikan Motor (1)
  • Korek harian (2)
  • Mengatasi Motor Mogok (3)
  • Mengenal Mesin Motor (4)
  • mengetahui ban motor (1)
  • Menyetel katub (2)
  • Tips Motor (36)
  • Utak-atik Motor (15)
Copyright 2013 Utak - atik Sepeda Motor - All Rights Reserved
Design by Mas Sugeng - Published by Evo Templates