Utak - atik Sepeda Motor

Tips cara utak-atik motor sendiri

  • Home
  • About
  • Contact Us
  • Sitemap
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
Home » Deteksi kerusakan mesin » Deteksi Kerusakan Mesin Lewat Knalpot

Thursday, January 15, 2015

Deteksi Kerusakan Mesin Lewat Knalpot


Sobat atik-utak motor, Tips ini mungkin skali lagi sudah usang buat anda, tapi tidak ada salahnya saya bagikan siapa tahu anda lupa, atau mungkin anda sobat atik-utak ada yang belum tahu jadi tambah ilmunya.

Deteksi kerusakan mesin lewat knalpot

deteksi kerusakan mesin lewat knalpotApa mungkin??? begini logikanya anda mungkin sering mendengar atau melihat dokter mendiagnosa pasiennya melalui kotoran ( feses ) atau air kencing ... betulkan????? kalo dokter saja bisa kenapa kita tidak???
Begini ceritanya kita cermati ujung knalpot saat motor dihidupkan, lihat apakah knalpot mengeluarkan asap atau tidak? harusnya kalo motor sehat ujung knalpot tidak keluar asap, kalo ternyata keluar asapnya berarti ada yang tidak beres pada motor anda.
Sekarang cermati dengan seksama warna asap yang keluar dari knalpot...... apakah warnanya biru atau hitam? soale warna asap bisa beda dan masing-masing penyebabnya juga beda. berikut diagnosa sanya.

Warna asap knalpot putih

Adanya asap putih menunjukkan masuknya oli mesin / minyak pelumas kedalam ruang bakar mesin dan ikut terbakar bersamaan dengan bahan bakar, namun tidak bisa terbakar sempuna alhasil sisa pembakaran berupa asap berwarna putih.
Kemungkinan ini disebabkan oleh beberapa hal diantaranya:
  • Piston, ring piston atau silinder sudah aus sehingga tidak bisa menghalau oli masuk ruang bakar.
  • Perpak / paking blok silinder dan kepala silinder rusak / sobek, alhasil oli mesin merembes ke ruang bakar
  • Sil Klep Rusak / sobek, saat oli melumasi mekanisme katup sebagian masuk ke ruang bakar lantaran sil tidak mampu menahan rembesan oli mesin.

Warna asap knalpot hitam

Adanya asap berwarna hitam dari knalpot menunjukkan adanya pembakaran tidak sempurna yang disebabkan bahan bakar tidak terbakar seluruhnya sehingga menjadi sisa pembakaran berupa asap berwarna hitam.
kemungkinan ini disebabkan oleh beberapa hal diantaranya:
  • Bakan bakar terlalu boros stelannya, kalo jumlah bakan bakar yang masuk tidak diatur dengan baik (campuran ideal) maka mengakibatkan bahan bakar tidak terbakar sempurna
  • Filter udara kotor atau tersumbat, hal ini menyebabkan seolah-olah tercekik akibatnya jumlah udara yang masuk berkurang tetapi kevakuman piston tetap kuat menghisap sehingga memaksa bahan bakar keluar lebih banyak alhasil ada sisa bakan bakar yang tidak ikut terbakar.
  • Sistem pengapian yang kurang baik, jika api yang dihasilkan terlalu kecil mengakibatkan bahan bakar tidak segera terbakar habis.
  • Katup bocor, hali ini mengakibatkan bahan bakar masuk secara berlebihan, disamping itu kompresi menjadi bocor alhasil tekanan & suhu menurun yang mengakibatkan pembakaran tidak sempurna.
Sobat atik-utak motor, mulailah pantengin knalpot anda sambil putar gas / handgrib tentunya sembari lihati ujung knalpot, cermati, kenali dan diagnosa, pada postingan selanjutnya kita bahas cara mengatasinya... (smoga sempat sobat)



f
Share
t
Tweet
g+
Share
?
tri haryadi
6:26 AM

Artikel Menarik Lainnya:

Penyebab Mesin Motor Berisik dan So...
Penyebab Mesin Motor Berisik dan So...
Cara Memeriksa Sistem Pengapian Sep...
Cara Memeriksa Sistem Pengapian Sep...
Deteksi Gangguan Mesin Lewat Busi
Deteksi Gangguan Mesin Lewat Busi
Mengatasi Rantai Timing / Rantai Ke...
Mengatasi Rantai Timing / Rantai Ke...
Tekanan Kompresi Motor Rendah
Tekanan Kompresi Motor Rendah
Bahan Bakar Sepeda Motor Boros
Bahan Bakar Sepeda Motor Boros

Belum ada komentar untuk "Deteksi Kerusakan Mesin Lewat Knalpot"

Post a Comment

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Entri Populer

  • Cara Menyetel Kopling Sepeda Motor Bebek
  • Cara mengatasi rem cakram motor macet
  • Cara Memasang Piston Motor Yang Benar
  • Cara Menghilangkan Cat Blok Mesin Motor
  • Cara mengatasi rem cakram masuk angin
  • Mencari Posisi Top Kompresi Motor

Tautan Blog Saya

Materi Otomotif SMK
Budidaya jamur
Seputar Mesin Diesel

Blog Archive

  • ►  2016 (1)
    • ►  February (1)
  • ▼  2015 (45)
    • ►  December (2)
    • ►  November (1)
    • ►  October (1)
    • ►  September (5)
    • ►  August (4)
    • ►  July (2)
    • ►  May (2)
    • ►  April (2)
    • ►  March (9)
    • ▼  January (17)
      • Cara Sederhana Menambah Kecepatan Motor
      • Cara Meningkatkan Kecepatan Motor
      • Cara Memasang Rantai Roda Motor
      • Penyebab Roda Depan Motor Bunyi
      • Cara Menyetel Klep Motor Megapro
      • Cara Menghilangkan Goresan Pada Kaca Lampu Motor
      • Cara Memasang Piston Motor Yang Benar
      • Penyebab Motor Mogok dari Tutup Tangki
      • Cara Menghilangkan Cat Blok Mesin Motor
      • Cara Menyetel Kopling Sepeda Motor Bebek
      • Tips Cara Mengetahui Usia Ban Motor
      • Deteksi Gangguan Mesin Lewat Busi
      • Deteksi Kerusakan Mesin Lewat Knalpot
      • Meningkatkan Performa Motor dengan Rp. 2000
      • Mencari Posisi Top Kompresi Motor
      • Korek Harian Jupiter layaknya motor balap
      • Utak - atik Sepeda Motor

Labels

  • Deteksi kerusakan mesin (9)
  • Gangguan Motor (9)
  • Kelistrikan Motor (1)
  • Korek harian (2)
  • Mengatasi Motor Mogok (3)
  • Mengenal Mesin Motor (4)
  • mengetahui ban motor (1)
  • Menyetel katub (2)
  • Tips Motor (36)
  • Utak-atik Motor (15)
Copyright 2013 Utak - atik Sepeda Motor - All Rights Reserved
Design by Mas Sugeng - Published by Evo Templates