Utak - atik Sepeda Motor

Tips cara utak-atik motor sendiri

  • Home
  • About
  • Contact Us
  • Sitemap
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
Home » Mengenal Mesin Motor » Tips Motor » Cara Membedakan Busi Motor Asli dan Palsu

Thursday, September 10, 2015

Cara Membedakan Busi Motor Asli dan Palsu

Sobat atik-utak motor, Membedakan sparepart asli atau palsu gampang-gampang susah, butuh keahlian dan pengetahuan khusus. Seperti halnya sparepart yang sering dianggap remeh tetapi keberadaannya sangat vital salah satunya busi. Busi merupakan sparepart penting yang berperan terhadap terjadinya proses pembakaran. Busi yang baik akan menghasilkan percikan bunga api yang baik pula, dengan percikan buang api yang baik maka pembakaran akan berlangsung sempurna atau maksimal. Untuk memperoleh hasil percikan api yang baik busi juga harus meiliki kualitas yang baik.
Perlu sobat ketahui saat ini banyak sekali ditemukan busi dengan kualitas buruk atau asal-asalan, setelah di cek ternyata banyak sekali busi palsu yang beredar, tentunya busi ini memiliki kualitas rendah. Busi yang berkualitas rendah, biasanya adalah jenis busi tembaan alias busi palsu. Pastikan periksa dahulu sebelum anda membeli busi baru.

Cara membedakan busi asli dengan yang palsu

Berikut cara sederhana untuk membedakan antara busi asli dengan busi palsu
  1. Perhatikan dengan seksama bagian hextagon metalnya. Pada busi contoh NGK yang asli, terdapat kode khusus yang tertera pada bagian ini lihat gbr. Kode tersebut berisikan kode negara pembuat, bulan pembuatan dan tahun pembuatan. Kode tersebut berukuran sangat kecil. sampai saat ini busi yang palsu belum ada kode yang seperti itu. 
  2. Perhatikan bagian gasket atau Ring nya. Gasket / ring pada busi NGK dibuat unik, hal ini membuat gasket / ring busi NGK yang asli tidak akan bisa keluar lagi ketika sudah masuk. beda halnya dengan busi yang palsu pasti masih bisa lepas dengan mudah. 
  3. Daya tahan atau kekuatan busi palsu tidak sekuat busi asli. sebagai contoh biasanya untuk busi yang palsu ketika jatuh mudah sekali bengkok. 
  4. Busi NGK yang asli anti karat, sebab menggunakan metal shield yang sudah melewati proses plating selama lebih dari 4 jam,  sehingga jika sobat akan membeli busi di toko sebaiknya anda periksa apakah ada karat atau tidak. Jika ada karat meskipun kecil, dapat dipastikan busi tersebut adalah palsu, jadi urungkan niat sobat.
Demikian sedikit tips membedakan busi asli dengan busi palsu, semoga bermanfaat.
f
Share
t
Tweet
g+
Share
?
tri haryadi
11:46 PM

Artikel Menarik Lainnya:

Saluran Pernapasan Karburator Tersu...
Saluran Pernapasan Karburator Tersu...
Mengatasi Tromol Aus dan Kampas Rem...
Mengatasi Tromol Aus dan Kampas Rem...
Mengatasi Lampu Sein Motor Mati
Mengatasi Lampu Sein Motor Mati
Cara Merawat Sepeda Motor Agar Awet
Cara Merawat Sepeda Motor Agar Awet
Mengatasi Rantai Timing / Rantai Ke...
Mengatasi Rantai Timing / Rantai Ke...
Mengatasi Karet Angkatan Gear Belak...
Mengatasi Karet Angkatan Gear Belak...

2 komentar untuk "Cara Membedakan Busi Motor Asli dan Palsu"

  1. UnknownNovember 15, 2018 at 2:00 AM

    Terimakasih artikel cara membedakan busi motor asli dan palsu nya gan, NGK dan Denso tetep paling terbaik ya

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  2. deviMarch 11, 2021 at 11:57 PM

    hai, trims atas beritanya, betul-betul bagus sekali. semoga bisa bermanfaat juga untuk yang lain, jangan lupa kunjungi situs kita di motor ninja

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
Add comment
Load more...

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Entri Populer

  • Cara Menyetel Kopling Sepeda Motor Bebek
  • Cara mengatasi rem cakram motor macet
  • Cara Memasang Piston Motor Yang Benar
  • Cara Menghilangkan Cat Blok Mesin Motor
  • Cara mengatasi rem cakram masuk angin
  • Mencari Posisi Top Kompresi Motor

Tautan Blog Saya

Materi Otomotif SMK
Budidaya jamur
Seputar Mesin Diesel

Blog Archive

  • ►  2016 (1)
    • ►  February (1)
  • ▼  2015 (45)
    • ►  December (2)
    • ►  November (1)
    • ►  October (1)
    • ▼  September (5)
      • Mengatasi Karet Angkatan Gear Belakang Oblak
      • Shock Absorber / Suspensi Motor Keras
      • Cara Membedakan Busi Motor Asli dan Palsu
      • Tekanan Kompresi Motor Rendah
      • Bahan Bakar Sepeda Motor Boros
    • ►  August (4)
    • ►  July (2)
    • ►  May (2)
    • ►  April (2)
    • ►  March (9)
    • ►  January (17)

Labels

  • Deteksi kerusakan mesin (9)
  • Gangguan Motor (9)
  • Kelistrikan Motor (1)
  • Korek harian (2)
  • Mengatasi Motor Mogok (3)
  • Mengenal Mesin Motor (4)
  • mengetahui ban motor (1)
  • Menyetel katub (2)
  • Tips Motor (36)
  • Utak-atik Motor (15)
Copyright 2013 Utak - atik Sepeda Motor - All Rights Reserved
Design by Mas Sugeng - Published by Evo Templates