Utak - atik Sepeda Motor

Tips cara utak-atik motor sendiri

  • Home
  • About
  • Contact Us
  • Sitemap
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
Home » Mengenal Mesin Motor » Tips Motor » Cara Memasang Piston Motor Yang Benar

Tuesday, January 20, 2015

Cara Memasang Piston Motor Yang Benar

Sobat atik - utak motor, Tips motor yang akan saya bagikan kali ini mengenai cara memasang piston motor yang benar. Terlihat sepele tetapi kalo tidak diperhatikan dengan seksama bila Sobtiktak memasang piston motor asal-asalan dampaknya luar biasa pada motor anda.

Langsung saja perlu sobtiktak ketahui bahwa piston memiliki tanda yang ada pada bagian kepala piston ada yang berupa titik, tanda panah dan ada yang berupa tulisan lihat gambar. Tanda ini merupakan petunjuk bagi kita saat melakukan pemasangan. Tanda titik atau tanda panah pada piston menyatakan kita harus memasang piston menghadap kearah bawah / ke saluran buang , sedangkan tanda / tulisan IN pada kepala piston menunjukkan kita harus memasang piston menghadap ke atas / ke arah katub IN (masuk).

Pertanyaannya bagaimanakah jika pemasangan piston terbalik??? . Sebetulnya jika kita melakukan pengamatan atau pengukuran yang lebih presisi ternyata titik pena piston tidak tepat berada di tengah-tengah hali ini terkait dengan adanya Offset engine, offset engine merupakan konstruksi pada mesin yang menunjukkan bahwa titik tengah piston dan titik tengah poros engkol (kruk as) tidak segaris. Offset emgine ini berfungsi untuk memperkecil gaya tekan ke samping dari sisi piton yang menekan silinder.Jika pemasangan piston terbalik(sisi yang seharusnya di bawah di taruh di atas) akan berpengaruh pada kinerja mesin, hal ini langsung bisa kita deteksi dari suara mesin yang berubah menjadi kasar lantaran terjadinya gaya gesek yang semakin besar, kalo dibiarkan saja akan berdampak lebih parah yaitu keausan piston dan dinding silinder menjadi lebih cepat akibat besarnya gesekan tadi. So kalo pengin piston dan silinder bertahan lama jangan sampai terbalik dalam pemasangannya.

Sobat atik-utak motor demikian tadi tips yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat.
f
Share
t
Tweet
g+
Share
?
tri haryadi
5:01 PM

Artikel Menarik Lainnya:

Cara mengatasi rem cakram motor mac...
Cara mengatasi rem cakram motor mac...
Cara sederhana memeriksa tekanan ko...
Cara sederhana memeriksa tekanan ko...
Cara Memeriksa Sistem Pengapian Sep...
Cara Memeriksa Sistem Pengapian Sep...
Cara Sederhana Menambah Kecepatan M...
Cara Sederhana Menambah Kecepatan M...
Cara Meningkatkan Kecepatan Motor
Cara Meningkatkan Kecepatan Motor
Cara Memasang Rantai Roda Motor
Cara Memasang Rantai Roda Motor

8 komentar untuk "Cara Memasang Piston Motor Yang Benar"

  1. UnknownDecember 5, 2015 at 8:07 AM

    Belom tentu tanda titik dan panah selalu dibawah , q udah pernah alamin tanda titik diatas

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  2. UnknownJuly 19, 2018 at 6:01 PM

    Sya jga prnh alami nya..piston motor smash mnghadap kearah atas..

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  3. Canter loverSeptember 4, 2018 at 8:37 AM

    Yg psti ya lht coakan klep

    ReplyDelete
    Replies
    1. UnknownFebruary 5, 2019 at 12:17 AM

      kalo liat coakan belom tentu,karna ada piston yg gaada coakannya alias mentah

      Delete
      Replies
        Reply
    2. Reply
  4. UnknownMay 2, 2019 at 12:59 AM

    Abal abal.

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  5. UnknownMarch 22, 2020 at 8:51 AM

    yg di ikutin coakan kelep apa tanda bulat sih klo di motor mx old

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  6. UnknownFebruary 11, 2021 at 7:35 PM

    Jadi yg bener yg mana?????

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  7. UnknownApril 7, 2021 at 9:46 AM

    kalo merk moto 1 ada tanda panah nya berarti buat ex ya?

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
Add comment
Load more...

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Entri Populer

  • Cara Menyetel Kopling Sepeda Motor Bebek
  • Cara mengatasi rem cakram motor macet
  • Cara Memasang Piston Motor Yang Benar
  • Cara Menghilangkan Cat Blok Mesin Motor
  • Cara mengatasi rem cakram masuk angin
  • Mencari Posisi Top Kompresi Motor

Tautan Blog Saya

Materi Otomotif SMK
Budidaya jamur
Seputar Mesin Diesel

Blog Archive

  • ►  2016 (1)
    • ►  February (1)
  • ▼  2015 (45)
    • ►  December (2)
    • ►  November (1)
    • ►  October (1)
    • ►  September (5)
    • ►  August (4)
    • ►  July (2)
    • ►  May (2)
    • ►  April (2)
    • ►  March (9)
    • ▼  January (17)
      • Cara Sederhana Menambah Kecepatan Motor
      • Cara Meningkatkan Kecepatan Motor
      • Cara Memasang Rantai Roda Motor
      • Penyebab Roda Depan Motor Bunyi
      • Cara Menyetel Klep Motor Megapro
      • Cara Menghilangkan Goresan Pada Kaca Lampu Motor
      • Cara Memasang Piston Motor Yang Benar
      • Penyebab Motor Mogok dari Tutup Tangki
      • Cara Menghilangkan Cat Blok Mesin Motor
      • Cara Menyetel Kopling Sepeda Motor Bebek
      • Tips Cara Mengetahui Usia Ban Motor
      • Deteksi Gangguan Mesin Lewat Busi
      • Deteksi Kerusakan Mesin Lewat Knalpot
      • Meningkatkan Performa Motor dengan Rp. 2000
      • Mencari Posisi Top Kompresi Motor
      • Korek Harian Jupiter layaknya motor balap
      • Utak - atik Sepeda Motor

Labels

  • Deteksi kerusakan mesin (9)
  • Gangguan Motor (9)
  • Kelistrikan Motor (1)
  • Korek harian (2)
  • Mengatasi Motor Mogok (3)
  • Mengenal Mesin Motor (4)
  • mengetahui ban motor (1)
  • Menyetel katub (2)
  • Tips Motor (36)
  • Utak-atik Motor (15)
Copyright 2013 Utak - atik Sepeda Motor - All Rights Reserved
Design by Mas Sugeng - Published by Evo Templates