Utak - atik Sepeda Motor

Tips cara utak-atik motor sendiri

  • Home
  • About
  • Contact Us
  • Sitemap
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
Home » Utak-atik Motor » Cara Menyetel Kopling Sepeda Motor Bebek

Saturday, January 17, 2015

Cara Menyetel Kopling Sepeda Motor Bebek

Sobat atik-utak motor, Tips kali yang akan saya bagikan kali ini adalah cara menyetel kopling semi otomatis sepeda motor bebek honda supra... walaupun judulnya honda tapi cara ini dapat digunakan pada semua jenis sepeda motor bebek dengan kopling semi otomatis.

Perlu diketahui kopling adalah komponen sepeda motor yang berfungsi untuk meneruskan / memindahkan dan memutuskan tenaga putar mesin ke transmisi yang selanjutkan menggerakkan roda gigi - rantai - roda sehingga sepeda motor dapat berjalan. Agar motor dapat berjalan anda harus memasukkan / menginjak presneling, saat anda mulai menginjak presneling berarti anda memutuskan hubungan mesin dengan transmisi setelah terasa "klek" berarti gigi transmisi masuk / berpindah saat anda melepaskan injakan itu artinya menghubungkan mesin dengan transmisi. Jenis kopling ini adalah kopling semi otomatis soale masih ada jenis kopling manual dan otomatis.

Kopling harus mampu memutuskan dan menghubungkan mesin dengan transmisi secara lembut dan nyaman, pasalnya sering terjadi masalah saat menginjak presneling diantaranya terasa berat / susah, kasar, terjadi hentakan bahkan bisa -bisa tenaga berkurang atau hilang lantaran kopling tidak meneruskan tenaga dengan baik.
Nah sobat atik-utak motor jika anda mengalami hal tersebut jangan langsung asal ganti kopling, periksa dulu kopling anda sebelum memutuskan diganti. Periksa atau setel kopling terlebih dahulu siapa tahu setelan kopling tidak beres, tidak usah bingun bagaimana cara menyetelnya, simak tips berikut baik-baik.

Cara menyetel kopling semi otomatis pada motor bebek


  1. Siapkan peralatan, cukup kunci ring 14 dan obeng (-)
  2. Posisikan motor pada standar tengah / utama
  3. Kendorkan mur pengunci baut setelan kopling dengan kunci ring 14 sampai kendor
  4. Putar baut penyetel dengan obeng (-) ke arah kanan (searah jarum jam) sampai terasa ada sentuhan, lalu putar kembali ke arah kiri (berlawanan arah jarum jam) hingga mentok (terasa ada sentuhan) dan berhenti, selanjutnya putar kembali ke arah kanan (searah jarum jam) sebanyak 1/8  - 1/4 putaran.
  5. Kencangkan kembali mur pengunci dengan kunci ring 14 sambil menahan baut penyetel dengan obeng (-) agar baut tidak ikut berputar. Selesai sudah menyetel kopling sepeda motor bebek mudahkan??

Jangan puas dulu periksa hasil penyetelan anda dengan menghidupkan mesin, masukkan / injak presneling  di gigi 1 dan tahan, lalu putar gas hingga seperempat putaran ( 2000 ) rpm, perhatikan roda belakang tetap diam atau terus berputar? kalo diam itu artinya anda berhasil menyetel kopling sepeda motor, jika terus berputar itu artinya penyetelan belum tepat, silahkan lakukan penyetelan ulang seperti langkah-langkah tersebut di atas.
Lakukan tes jalan dengan memindahkan presneling berulang-ulang, perpindahan gigi harus terasa lembut dan tidak menghentak,... selamat mencoba.

f
Share
t
Tweet
g+
Share
?
tri haryadi
4:25 PM

Artikel Menarik Lainnya:

Cara Meningkatkan Kecepatan Motor
Cara Meningkatkan Kecepatan Motor
Meningkatkan Performa Motor dengan ...
Meningkatkan Performa Motor dengan ...
Utak - atik Sepeda Motor
Utak - atik Sepeda Motor
Mengatasi Tromol Aus dan Kampas Rem...
Mengatasi Tromol Aus dan Kampas Rem...
Mengatasi Karet Angkatan Gear Belak...
Mengatasi Karet Angkatan Gear Belak...
Tips Sederhana Menambah Tenaga Moto...
Tips Sederhana Menambah Tenaga Moto...

15 komentar untuk "Cara Menyetel Kopling Sepeda Motor Bebek "

  1. UnknownFebruary 10, 2016 at 8:43 AM

    Sudah saya coba ms brow tapi ttp gk bisa di kopling. .ttp berputar roda nya itu gmana ya...ada teori mudah lain nya gk...mohon pnjlasan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. UnknownApril 15, 2022 at 11:01 AM

      Kemungkinan minta ganti kampas kopling masseh

      Delete
      Replies
        Reply
    2. Reply
  2. UnknownMarch 18, 2016 at 8:11 AM

    Emang susah

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  3. Sosial Spesial September 27, 2016 at 5:27 AM

    sama dong saya juga begitu...
    kenapa ya...
    ada ygbthu...

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  4. parmanOctober 1, 2017 at 5:51 PM

    mohon di perrik sa bukan di putar searah jarum jam tapi sebalik nya setelah mentok,

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  5. Canter loverOctober 26, 2017 at 5:54 PM

    Dalm posisi msin mati masukin gigi dan tekan pedal kopling lalu putar bannya,klo bisa mutr brrti its ok

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  6. UnknownApril 25, 2018 at 3:55 AM

    Motor saya smash 2003....tadinya gigi over gigi lancar2 z...stlh di servis. Tiap over gigi k depan suka nyangkut dulu gk langsung ngeper..apa itu masalahnya d stelan juga.tolong pencerahannya Bank mksh

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  7. UnknownSeptember 13, 2018 at 2:05 AM

    Sya udh berhasih kok agak ndredet ya pas jalan

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  8. UnknownJanuary 5, 2019 at 1:47 AM

    Kalo setelan nya gak bisa muter ap solusi nya gan

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  9. AnonymousMarch 22, 2019 at 6:08 AM

    Maaf ,q punya c70 , setelah ganti kampas , q setel , putar kiri terasa tuk lalu q putar dikit set , bisa kopling ada tp., knp gigi terasa bunyi klok2 ke dpn ,ke belakang juga

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  10. UnknownMay 13, 2019 at 4:20 PM

    Stel kampas kopling gak secepat dan semudah itu ezt, harus putar dikit2 lalu coba dan lakukan trs sampai ktmu yg trbaik. tiap motor beda2 stelan wlpun jenis dn type sama

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  11. UnknownFebruary 17, 2020 at 3:16 AM

    Baut nya itu kok di motorku muter terus ya? Jd kalo buat jalan ntar persnelingnya jd empuk trs harus di puter lagi

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  12. UnknownDecember 11, 2020 at 11:11 PM

    Maaf motor saya pas angkatan gas ngregel" dredet" apa itu juga setelannya,tapi saya bandingkan motor satunya saya masukkan gigi 1 ditahan ngikuti petunjuk diatas ban belakang tetap muter ,tapi kok gak ada masalah persenelengnya mohon pencerahannya suhu

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  13. UnknownFebruary 1, 2021 at 6:17 PM

    Motor saya kalo jalan lumayan kenceng kok seperti ngopling sendiri ya. Itu apa yg bermasalah gan. ? Apakah karena setelan koplingnya yg gak pas gan.?

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  14. UnknownJanuary 16, 2022 at 1:51 AM

    Bagaimana cara mengatasi oli yg bocor pada baut stel kopling pada motor bebe?

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
Add comment
Load more...

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Entri Populer

  • Cara Menyetel Kopling Sepeda Motor Bebek
  • Cara mengatasi rem cakram motor macet
  • Cara Memasang Piston Motor Yang Benar
  • Cara Menghilangkan Cat Blok Mesin Motor
  • Cara mengatasi rem cakram masuk angin
  • Mencari Posisi Top Kompresi Motor

Tautan Blog Saya

Materi Otomotif SMK
Budidaya jamur
Seputar Mesin Diesel

Blog Archive

  • ►  2016 (1)
    • ►  February (1)
  • ▼  2015 (45)
    • ►  December (2)
    • ►  November (1)
    • ►  October (1)
    • ►  September (5)
    • ►  August (4)
    • ►  July (2)
    • ►  May (2)
    • ►  April (2)
    • ►  March (9)
    • ▼  January (17)
      • Cara Sederhana Menambah Kecepatan Motor
      • Cara Meningkatkan Kecepatan Motor
      • Cara Memasang Rantai Roda Motor
      • Penyebab Roda Depan Motor Bunyi
      • Cara Menyetel Klep Motor Megapro
      • Cara Menghilangkan Goresan Pada Kaca Lampu Motor
      • Cara Memasang Piston Motor Yang Benar
      • Penyebab Motor Mogok dari Tutup Tangki
      • Cara Menghilangkan Cat Blok Mesin Motor
      • Cara Menyetel Kopling Sepeda Motor Bebek
      • Tips Cara Mengetahui Usia Ban Motor
      • Deteksi Gangguan Mesin Lewat Busi
      • Deteksi Kerusakan Mesin Lewat Knalpot
      • Meningkatkan Performa Motor dengan Rp. 2000
      • Mencari Posisi Top Kompresi Motor
      • Korek Harian Jupiter layaknya motor balap
      • Utak - atik Sepeda Motor

Labels

  • Deteksi kerusakan mesin (9)
  • Gangguan Motor (9)
  • Kelistrikan Motor (1)
  • Korek harian (2)
  • Mengatasi Motor Mogok (3)
  • Mengenal Mesin Motor (4)
  • mengetahui ban motor (1)
  • Menyetel katub (2)
  • Tips Motor (36)
  • Utak-atik Motor (15)
Copyright 2013 Utak - atik Sepeda Motor - All Rights Reserved
Design by Mas Sugeng - Published by Evo Templates