Utak - atik Sepeda Motor

Tips cara utak-atik motor sendiri

  • Home
  • About
  • Contact Us
  • Sitemap
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
Home » Menyetel katub » Mencari Posisi Top Kompresi Motor

Tuesday, January 13, 2015

Mencari Posisi Top Kompresi Motor

Sobat atik utak Motor- Tips ini sangat sederhana bagi sobat atik-utak motor yang sudah berpengalaman utak-atik mesin, apalagi yang rajin ikuti tips portal ini. Tapi toh, tak ada salahnya juga ilmu ini tetap dibagi dan semoga bermanfaat khusunya bagi sobat atik-utak motor baru.
Sobat atik-utak, dalam perawatan rutin sepeda motor khususnya motor 4 tak, diperlukan penyetelan atau pemeriksaan katup. Tujuannya untuk mengetahui dan mengembalikan kondisi kerenggangan celah katup kembali ke spesifikasi standar. dengan demikian kinerja mesin akan kembali maksimal. Point penting yang perlu diperhatikan dalam melakukan pemeriksaan dan penyetelan katup, langkah-langkah yang harus dilakukan sebelumnya adalah memposisikan piston pada posisi titik mati atas atau biasa disebut dengan TMA.


Mencari Posisi Top Kompresi Motor

mencari top kompresi motorSyarat yang lain yang perlu dilakukan adalah posisi katup dalam kondisi bebas artinya tidak sedang dalam kondisi ditekan pelatuk (rocker arm), sehingga bisa disetel kerenggangannya. Jangan lupa, posisi piston pada TMA atau kondisi dimana piston berada di puncak (TOP) ada dua kondisi. Yang pertama adalah top kompresi, yaitu piston berada diatas pada akhir langkah kompresi setelah piston melakukan langkah hisap. Yang kedua adalah top buang dimana posisi piston diatas setelah akhir langkah buang. Untuk melakukan penyetelan katup posisi piston harus berada pada top kompresi. Untuk mencari posisi tersebut kita harus menyesuaikan tanda T yang ada pada magnet dengan tanda yang ada di blok mesin, dan juga tanda yang ada pada timing gear dengan tanda yang ada pada kepala silinder.
Biasanya untuk mencari posisi tersebut kita harus melepas tutup timing gir terlebih dahulu. Sehingga akan terlihat tanda yang ada pada timing gir. Untuk mempercepat waktu dalam melakukan penyetelan katup, kita tidak perlu membuka tutup timing gir, cukup membuka tutup baut magnet dan lubang pengintai tanda T yang ada di magnet saja.
Dengan cara melihat pergerakan katup, kita akan tahu posisi piston pada top kompresi atau top buang. Kembali pada penjelasan diatas bahwa top kompresi terjadi pada akhir kompresi setelah melakukan langkah hisap, berarti kita bisa tahu bahwa disitu terjadi gerakan pembukaan katup hisap.

Caranya kita raba katup hisap maupun buang dengan jari-jari kita. Sambil kita putar magnet menggunakan kunci T berlawanan arah jarum jam sambil kita rasakan katup mana yang bergerak menekan. Jika yang bergerak katup hisap atau katup yang ada diatas berarti selanjutnya akan ketemu tanda T pada lubang pengintai, tanda T yang terlihat dari lubang intip tersebut menunjukkan piston pada posisi Top Kompresi. Tapi jika yang bergerak menekan katup buang atau katup yang ada dibawah berarti disitu akan terjadi top buang. Jika tanda T yang ada di lubang intip sudah pas dengan tanda pada tutup magnet selanjutnya kita akan bisa melakukan penyetelan celah katup sesuai dengan kerenggangannya. Mudah kan?
Selanjutnya silahkan anda melanjutkan pekerjaan menyetel katub, lakukan penyetelan katub sesuai dengan spesifikasi celah katub anda, soalnya antar produsen yang berbeda biasanya mematok spesifikasi sendiri-sendiri. Selamat mencoba
f
Share
t
Tweet
g+
Share
?
tri haryadi
9:55 PM

Artikel Menarik Lainnya:

Cara Menyetel Klep Motor Megapro
Cara Menyetel Klep Motor Megapro

4 komentar untuk "Mencari Posisi Top Kompresi Motor"

  1. UnknownJanuary 21, 2016 at 4:11 PM

    terimakasih ilmu sangat berguna serta menambah ilmu bagi yang kurang dan mau belajar
    salam"kebersamaan"

    Effendy

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  2. UnknownMarch 30, 2016 at 5:04 AM

    suwun

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  3. UnknownJuly 23, 2019 at 8:58 AM

    ffffuuuuuuuuiiiiiii akhirnya tugasku selesai, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  4. UnknownSeptember 5, 2021 at 9:47 AM

    Gimana kalau penyetelan klep pada posisi top buang bukan pada posisi top kompresi apa efek nya

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
Add comment
Load more...

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Entri Populer

  • Cara Menyetel Kopling Sepeda Motor Bebek
  • Cara mengatasi rem cakram motor macet
  • Cara Memasang Piston Motor Yang Benar
  • Cara Menghilangkan Cat Blok Mesin Motor
  • Cara mengatasi rem cakram masuk angin
  • Mencari Posisi Top Kompresi Motor

Tautan Blog Saya

Materi Otomotif SMK
Budidaya jamur
Seputar Mesin Diesel

Blog Archive

  • ►  2016 (1)
    • ►  February (1)
  • ▼  2015 (45)
    • ►  December (2)
    • ►  November (1)
    • ►  October (1)
    • ►  September (5)
    • ►  August (4)
    • ►  July (2)
    • ►  May (2)
    • ►  April (2)
    • ►  March (9)
    • ▼  January (17)
      • Cara Sederhana Menambah Kecepatan Motor
      • Cara Meningkatkan Kecepatan Motor
      • Cara Memasang Rantai Roda Motor
      • Penyebab Roda Depan Motor Bunyi
      • Cara Menyetel Klep Motor Megapro
      • Cara Menghilangkan Goresan Pada Kaca Lampu Motor
      • Cara Memasang Piston Motor Yang Benar
      • Penyebab Motor Mogok dari Tutup Tangki
      • Cara Menghilangkan Cat Blok Mesin Motor
      • Cara Menyetel Kopling Sepeda Motor Bebek
      • Tips Cara Mengetahui Usia Ban Motor
      • Deteksi Gangguan Mesin Lewat Busi
      • Deteksi Kerusakan Mesin Lewat Knalpot
      • Meningkatkan Performa Motor dengan Rp. 2000
      • Mencari Posisi Top Kompresi Motor
      • Korek Harian Jupiter layaknya motor balap
      • Utak - atik Sepeda Motor

Labels

  • Deteksi kerusakan mesin (9)
  • Gangguan Motor (9)
  • Kelistrikan Motor (1)
  • Korek harian (2)
  • Mengatasi Motor Mogok (3)
  • Mengenal Mesin Motor (4)
  • mengetahui ban motor (1)
  • Menyetel katub (2)
  • Tips Motor (36)
  • Utak-atik Motor (15)
Copyright 2013 Utak - atik Sepeda Motor - All Rights Reserved
Design by Mas Sugeng - Published by Evo Templates