Utak - atik Sepeda Motor

Tips cara utak-atik motor sendiri

  • Home
  • About
  • Contact Us
  • Sitemap
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
Home » Mengatasi Motor Mogok » Tips Motor » Penyebab Motor Mogok dari Tutup Tangki

Monday, January 19, 2015

Penyebab Motor Mogok dari Tutup Tangki

Sobat atik-utak motor, Tips kali ini yang akan saya bagikan sebetulnya sangat sederhana, walaupun sederhana mungkin diantara sobtiktak mungkin ada yang belum tahu. Begini ceritanya, perlu diketahui bahwa syarat utama motor dapat hidup ada 3 hal yaitu:
  1. Adanya pengapian
  2. Adanya kompresi
  3. Adanya Suplai bahan bakar 
Jika salah satu dari 3 syarat utama tersebut tidak dipenuhi maka motor tidak akan hidup, lebih jelasnya kita harus memeriksa satu persatu, jika pengapian dan kompresi baik, kita harus fokus pada syarat ke-3 yaitu suplay bahan bakar, jika suplay bahan bakar tidak normal dapat menyebabkan proses pembakaran buruk alhasil motor juga bermasalah, apalagi jika suplay bahan berhenti otomatis pembakaran tidak akan terjadi alhasil menyebabkan motor tidak hidup alias mogok. memang komponen sistem bahan bakar cukup banyak jika aliran bahan bakar terhenti kita harus cek semua, tetapi jangan khawatir kita bisa membuat jalan pintas untuk memeriksanya. Berikut langkah-langkahnya
  1. Pastikan bahan bakar di dalam tangki masih ada, buka tutup tangki bahan bakar.... eeiiittt jangan tergesa-gesa ( karena di sini intinya tips ini ) perhatikan dan dengarkan saat membuka tutup tangki terdengar bunyi " beesss " atau tidak jika tedengar inilah masalahnya bunyi beess disebabkan adanya kevakuman di dalam tangki bahan bakar, walaupun bahan bakar masih ada tidak akan mengalir ke karburator meskipun bisa pasti alirannya tersendat alhasil motor kayak di cekik.
  2. Kalo sistem bahan bakar anda menganut keran otomatis yang bekerja berdasarkan kevakuman piston, setelah tutup tangki dilepas hidupkan mesin sebentar agar bahan bakar terhisap masuk karburator,
  3. Kalo sistem bahan bakar motor anda menganut keran manual setelah tutup tangki dilepas tunggu sebentar biar bensin mengalir ke karburator lebih dulu.
  4. Hidupkan mesin, jika mesin hidup dipastikan penyebabnya memang karena tutup tangki bermasalah, pada tutup tangki terdapat lubang kecil yang berfungsi sebagai Ventilator atau pernapasan, jika lubang tersebut tersumbat mengakibatkan udara tidak dapat masuk ke dalam tangki alhasil timbul kevakuman di dalam tangki sehingga bensin tidak dapat mengalir ke karburator.

Memperbaiki tutup tangki penyebab motor mogok

  • Pastikan lubang ventilator / pernapasan tutup tangki bersih dan tidak tersimbat, gunakan udara bertekanan / kompresor untuk membuang kotoran yang menyumbat lubang, jika diperlukan agar aliran bensin lebih lancar anda bisa mengebor tutup tangki dengan bor berdiameter 1 mm.
  • Pastikan tutup tangki tidak tertutupi oleh benda lain saat menutup Jok motor, kebiasaan pengendara menaruh barang / mantel (Jas hujan) di bawah jok terkadang menutup tutup tangki sehingga udara tidak dapat masuk ke dalam tangki bahan bakar.
Sobat atik-utak motor, gmn mudah kan cara mengatasi penyebab motor mogok? selamat mencoba
f
Share
t
Tweet
g+
Share
?
tri haryadi
11:58 PM

2 komentar untuk "Penyebab Motor Mogok dari Tutup Tangki"

  1. UnknownAugust 9, 2016 at 9:21 AM

    Sudah 4 kali ganti busi setiap motor mogok .. dan saat kebengkel ingin tau dan ingin segera mendapatkan kesimpulan apakah sistem pengapian tapi saat di cek msih bagus seperti spul dan aki oke.. dan ada yg saya heran saat tutup tangki sya begitu ktor semoga setelah di bersihkan untuk sirkulasinya agar aliran bensin turun ke karbu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tri haryadiSeptember 25, 2016 at 10:06 PM

      Monggo di coba gan... semoga jd solusi

      Delete
      Replies
        Reply
    2. Reply
Add comment
Load more...

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Entri Populer

  • Cara Menyetel Kopling Sepeda Motor Bebek
  • Cara mengatasi rem cakram motor macet
  • Cara Memasang Piston Motor Yang Benar
  • Cara Menghilangkan Cat Blok Mesin Motor
  • Cara mengatasi rem cakram masuk angin
  • Mencari Posisi Top Kompresi Motor

Tautan Blog Saya

Materi Otomotif SMK
Budidaya jamur
Seputar Mesin Diesel

Blog Archive

  • ►  2016 (1)
    • ►  February (1)
  • ▼  2015 (45)
    • ►  December (2)
    • ►  November (1)
    • ►  October (1)
    • ►  September (5)
    • ►  August (4)
    • ►  July (2)
    • ►  May (2)
    • ►  April (2)
    • ►  March (9)
    • ▼  January (17)
      • Cara Sederhana Menambah Kecepatan Motor
      • Cara Meningkatkan Kecepatan Motor
      • Cara Memasang Rantai Roda Motor
      • Penyebab Roda Depan Motor Bunyi
      • Cara Menyetel Klep Motor Megapro
      • Cara Menghilangkan Goresan Pada Kaca Lampu Motor
      • Cara Memasang Piston Motor Yang Benar
      • Penyebab Motor Mogok dari Tutup Tangki
      • Cara Menghilangkan Cat Blok Mesin Motor
      • Cara Menyetel Kopling Sepeda Motor Bebek
      • Tips Cara Mengetahui Usia Ban Motor
      • Deteksi Gangguan Mesin Lewat Busi
      • Deteksi Kerusakan Mesin Lewat Knalpot
      • Meningkatkan Performa Motor dengan Rp. 2000
      • Mencari Posisi Top Kompresi Motor
      • Korek Harian Jupiter layaknya motor balap
      • Utak - atik Sepeda Motor

Labels

  • Deteksi kerusakan mesin (9)
  • Gangguan Motor (9)
  • Kelistrikan Motor (1)
  • Korek harian (2)
  • Mengatasi Motor Mogok (3)
  • Mengenal Mesin Motor (4)
  • mengetahui ban motor (1)
  • Menyetel katub (2)
  • Tips Motor (36)
  • Utak-atik Motor (15)
Copyright 2013 Utak - atik Sepeda Motor - All Rights Reserved
Design by Mas Sugeng - Published by Evo Templates